Scroll untuk baca artikel
Example 360x360
Example 728x250
Bisnis & Ekonomi

Indosat dan Komdigi Perkuat Ekosistem Registrasi eSIM Digital Berbasis Biometrik

×

Indosat dan Komdigi Perkuat Ekosistem Registrasi eSIM Digital Berbasis Biometrik

Sebarkan artikel ini
Indosat dan Komdigi Perkuat Ekosistem Registrasi eSIM Digital Berbasis Biometrik. (Ft : IOH / sudara.id)
Example 468x60

Jakarta, sudara.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) bersama Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) Republik Indonesia menggelar Live Biometric Demo di Gerai IM3 Jakarta.

Kegiatan ini menandai penerapan teknologi biometrik untuk layanan prabayar dan proses registrasi mandiri (self-register) eSIM, sebagai langkah konkret memperkuat ekosistem digital nasional yang aman, nyaman, dan modern.

Example 300x600

Teknologi biometrik ini dirancang untuk memudahkan proses registrasi pelanggan melalui verifikasi digital berbasis wajah.

Sistem yang digunakan mengacu pada standar internasional ISO 30107-3, mencakup validasi nomor pelanggan (MSISDN), Nomor Induk Kependudukan (NIK), swafoto wajah (self-photo), verifikasi liveness detection, dan pencocokan wajah (face recognition) dengan data dari DUKCAPIL.

Baca juga:   Layanan Electrifying Agriculture PLN Catatkan 53.539 Pelanggan Baru di Tahun 2024

Indosat Ooredoo Hutchison Jawab Kebutuhan Talenta Digital Lewat Kelas AI Gratis di IDCamp 2025

Sistem ini mampu mencapai tingkat kecocokan wajah minimal 95 persen, sehingga dapat memastikan keabsahan identitas pengguna serta meminimalisasi potensi penyalahgunaan data pribadi.

Direktur Jenderal Ekosistem Digital Komdigi, Edwin Hidayat Abdullah, menyampaikan apresiasi atas inisiatif ini.

“Komdigi mendukung penuh langkah Indosat dalam menghadirkan kemudahan akses digital bagi masyarakat. Dengan sistem yang telah memenuhi standar, kami yakin ekosistem telekomunikasi Indonesia mampu menjamin keamanan publik. Pemerintah akan terus mendorong pengembangan teknologi yang meningkatkan kualitas layanan digital nasional,” ujarnya Rabu, 15 Oktober 2025.

Baca juga:   Merdeka dari Ancaman Digital, Tri Luncurkan Fitur AI Anti Spam dan Scam untuk Lindungi Anak Muda Indonesia

Hal senada juga disampaikan Chief Legal and Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Reski Damayanti.

Indosat Dorong Transformasi Digital Ritel Lewat “Indonesia AI Day for Retail Industry”

“Bagi Indosat, keamanan dan kenyamanan pelanggan adalah prioritas utama. Kami mendukung kebijakan pemerintah dan siap berkolaborasi demi implementasi yang optimal serta kemajuan industri,” tegasnya.

Baca juga:   IM3 Perkuat Sinyal di Sulawesi Utara, Jangkau 83,1% Populasi dan 99,5% Wilayah Manado

Selain teknologi biometrik, Indosat juga terus memperkuat sistem perlindungan pelanggan. Sejak Agustus 2025, perusahaan telah meluncurkan fitur Anti-Spam dan Anti-Scam yang mampu mendeteksi serta mencegah pesan dan panggilan berisiko secara real-time.

Fitur ini didukung oleh teknologi AIvolusi5G, yaitu integrasi kecerdasan buatan (AI) dengan jaringan 5G milik Indosat yang responsif dan adaptif.

Langkah ini menjadi bagian dari komitmen Indosat untuk mendukung upaya pemerintah dalam menciptakan ekosistem telekomunikasi yang aman, terpercaya, dan berdaya saing di era digital. Mz

Example 300250
Example 120x600
Example 300250 Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *