Manado, Sudara.id – Puskesmas Sario di Kota Manado mencapai puncak prestasi dengan meraih akreditasi paripurna, tingkatan tertinggi dalam penilaian kualitas pelayanan kesehatan. Akreditasi ini diberikan oleh Lembaga Penyelenggara Akreditasi Komite Mutu Kesehatan Primer Kementrian Kesehatan.
Proses akreditasi adalah pengakuan terhadap pelayanan Puskesmas setelah dinilai sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan. Melalui upaya peningkatan mutu yang berkelanjutan, Puskesmas Sario berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
Ada empat tingkatan akreditasi puskesmas, yaitu strata dasar, madya, utama, dan paripurna. Meraih akreditasi paripurna menandakan konsistensi Puskesmas Sario dalam memenuhi tata nilai, visi, misi, dan tujuan pelayanannya.
Survey akreditasi puskesmas dilaksanakan oleh Surveyor pada 28 November – 1 Desember 2023, dan hasil diserahkan pada 3 Januari 2024.
Kepala Puskesmas Sario, dr. Jacob Pajan, pada Minggu (7/1/2024), menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh berbagai pihak selama proses akreditasi.
“Terima kasih atas dukungan Walikota dan Wakil Walikota, Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado (dr. Steaven Dandel, MPH), (Camat Kecamatan Sario, para lurah, ketua lingkungan, kader posyandu, Kapolsek Sario Danramil Wanea (lintas Sektor Kecamatan Sario) dan seluruh staf Puskesmas Sario. Keberhasilan ini menjadi bukti komitmen Puskesmas Sario untuk memberikan pelayanan kesehatan berkualitas dan terus meningkatkan kinerja dalam rangka mewujudkan puskesmas yang unggul dan terpercaya.”
Akreditasi puskesmas adalah pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh lembaga penyelenggara independen akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan setelah dinilai bahwa Puskesmas telah memenuhi standar pelayanan Puskesmas yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.
Melalui akreditasi, diharapkan pihak manajemen Puskesmas dapat menerapkan Prosedur Standar dengan baik sehingga pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Kualitas yang diberikan oleh Puskesmas, akan menimbulkan persepsi pasien terhadap pelayanan yang diberikan kepadanya. (Jobel)