Pelatihan Pemasaran Digital Pariwisata: Strategi Pemasaran Digital sebagai Ujung Tombak untuk Meningkat Kunjungan Wisatawan di Kota Bitung.
Bitung, SUDARA.ID – Dinas Pariwisata Kota Bitung mensosialisasikan hasil pengembangan inovasi digital kepariwisataan, “SI KUMIS”, Sistem Informasi Kreatif untuk Memasarkan dan Mempromosikan Destinasi Wisata di Kota Bitung, di Hotel Summer Kota Bitung, Selasa (27/8/2024).
Kegiatan yang dirangkai dengan kegiatan Pelatihan Pemasaran Digital yang merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kota Bitung ini, dibuka oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan dan SDM Kota Bitung, Ibu Dra, Anneke Tumbelaka, MAP.
Kepala Dinas Pariwisata Kota Bitung, Pingkan S. Kapoh, S.Pt, MAP dalam bagian dari sambutannya menyampaikan, “Strategi Pemasaran Digital di era sekarang ini perlu mengembangkan inovasi-inovasi kreatif melalui aspek digital untuk memasarkan pariwisata”.
Berlatar dari pengalaman saat kunjungan wisata Kapal Pesiar di Kota Bitung, Pingkan Kapoh mengisahkan, “Banyak wisatawan mancanegara sebelum menginjakkan kaki di Terminal Pelabuhan Bitung sudah terlebih dahulu melakukan pencarian melalui internet tentang destinasi-destinasi wisata yang ada di Bitung dan sekitarnya, bahkan sudah melakukan pemesanan secara online sehingga usaha-usaha pariwisata lokal yang tidak siap dengan platform digital pasti ketinggalan,” ujarnya.
“Oleh karena itu melalui inovasi kreatif “SI KUMIS” yang diimplementasikan dalam situs www.bitungtravel.com, menyediakan layanan pemasaran bagi pelaku-pelaku usaha pariwisata termasuk didalamnya, Pelaku Ekonomi Kreatif, Hotel, Restoran, Cafe bahkan sampai Guide lokal. Situs ini mengambil konsep pasar online tempat pertemuan antara wisatawan dan pelaku usaha pariwisata dalam satu platform digital,” terang Pingkan Kapoh.
“Pelatihan Pemasaran Digital ini akan mensosialisasikan Si Kumis sehingga lebih banyak lagi stakeholder-stakeholder pariwisata yang terlibat didalamnya,” harap Kadis Pariwisata Pingkan Kapoh.
Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, David Tambunan, SS sekaligus Ketua Pelaksana Pelatihan Pemasaran Digital ini berharap pembelajaran materi dan praktek yang akan dilaksanakan selama 3 hari (27-29/8/2024) ini dapat menghasilkan SDM Pariwisata yang handal dalam memasarkan produk ataupun destinasi pariwisata.
Pada kesempatan itu, Tambunan juga menginformasikan, bahwa para peserta pelatihan ini terdiri dari para perwakilan Komunitas, Pengelola Destinasi, Pelaku Ekraf, Kampung Wisata serta unsur lainnya. Sedangkan materi yang akan diajarkan diantaranya meliputi tehnik-tehnik pembuatan konten, mulai dari cara pengambilan gambar sampai dengan proses editing.